July 24, 2024

Di jaman teknologi yang sudah sangat maju seperti saat ini. Semua orang akan melakukan perubahan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan. Tidak terkecuali dengan para pengusaha. Dalam pengembangan usaha pasti di perlukan alat bantu untuk membuat suatu usaha lebih berkembang dan memiliki manajemen kerja yang efisien. Alat bantu ini tidak hanya berfokus pada mesin produksi saja. Akan tetapi lebih luas daripada hal tersebut, salah satu yang penting juga buat pengusaha adalah Aplikasi pencatat keuangan usaha.

Hal yang membawa kabar baik bagi para pengusaha yaitu dalam melakukan pencatatan atau pembukuan keuangan perusahaan. Banyak sekali Aplikasi pencatat keuangan usaha yang dapat membantu perusahaan untuk melakukan pencatatan keuangannya dengan lebih efisien dan up to date.

Perusahaan harus sudah menerapkan program keuangan untuk proses bisnisnya agar pencatatan keuangan lebih cepat, efisien, dan bisa meminimalisir biaya di masa yang akan datang. Dengan penerapan aplikasi keuangan perusahaan bisa lebih mudah melakukan kontrol keuangan dan juga operasional perusahaan kapan saja dan di mana saja lebih mudah.

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih aplikasi pencatat keuangan usaha:

Dalam memilih aplikasi pencatat keuangan usaha, Anda harus mempertimbangkan aplikasi yang benar-benar sesuai dengan apa yang di butuhkan. Pertimbangan ini akan membantu Anda menemukan aplikasi terbaik.

1. Sesuai dengan kebutuhan Akuntansi

Sebuah perusahaan harus mengenal dan mengetahui apa urgensi dan kebutuhan dari perusahaan. Karena setiap perusahaan memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda satu dengan yang lain. Apalagi perusahaan Anda merupakan perusahaan yang sudah berkembang besar dan melakukan transaksi yang banyak setiap harinya.

2. Mengetahui kemampuan perusahaan dalam menganggarkan keuangannya

Setiap aplikasi keuangan memiliki variasi harga yang berbeda dan bisa di bilang tidak murah. Dengan hal tersebut perusahaan harus mengetahui seberapa besar anggaran perusahaan yang mampu di keluarkan untuk penerapan sebuah system tersebut.

3. Mengenal sumber daya manusia perusahaan.

Perusahaan juga harus mengetahui kapasitas SDM yang di miliki terutama bagian Accounting dan Finance. Karena sebagus apapun sebuah program jika user tidak melakukan pekerjaan secara benar dan sulit memahami sebuah aplikasi maka hal tersebut akan membuat sia-sia juga.

5 rekomendasi aplikasi yang sering digunakan

Pada artikel kali ini kami akan membahas aplikasi pencatat keuangan usaha usaha yang bisa para pengusaha terapkan di perusahaan sesuai dengan pengalaman kami di klien selama ini.

1. Jurnal.id

Jurnal,id merupakan salah satu program keuangan yang terintegrasi secara online yang dapat di gunakan untuk mengelola pembukuan keuangan perusahaan agar terintegrasi dengan baik. Jurnal.id merupakan program keuangan yang di dukung dengan berbasis cloud.

Di Indonesia sendiri Jurnal.id juga merupakan aplikasi keuangan yang cukup popular karena penggunaan yang mudah dan juga fitur yang bisa membantu para pengusaha dalam pengelolaan keuangan hingga bisa menerbitkan laporan keuangan.

Apa saja yang mampu diberikan oleh aplikasi pencatat keuangan usaha satu ini? Jawabannya cukup bervariasi, tetapi di sini Anda tidak hanya mendapatkan alat bantu untuk mencatat keuangan perusahaan, melainkan juga inventarisnya. Terlebih lagi, semua itu bisa diakses dengan akurat dan real-time tanpa perlu repot diperbarui secara manual oleh karyawan.

Jurnal by Mekari adalah model transformasi perangkat lunak akuntansi yang berjalan beriringan dengan perkembangan zaman. Kecanggihan teknologi memang mau tidak mau memaksa manusia untuk menjalankan berbagai macam aktivitas secara daring. Kemudian, orisinalitas aplikasi ini terjamin dimana telah banyak digunakan oleh akuntan profesional.

Beberapa keuntungan spesifik yang bisa Anda peroleh antara lain mengurangi kesalahan pencatatan manual oleh karyawan, melacak dan memonitoring transaksi online, merekonsiliasi akun bank pada laporan pembukuan, hingga membuat invoice relatif lebih cepat karena telah diotomatisasi.

Hal-hal di atas pada akhirnya akan menciptakan kepuasan pelanggan yang berpotensi mempercepat laju perkembangan bisnis Anda. Jika pelanggan merasa puas terhadap suatu merek, maka tinggal menunggu waktu saja hingga mereka bersedia memberikan loyalitas.

Karena itu, alih-alih Anda repot mencari aplikasi serupa lainnya, akan lebih mudah jika segera berlangganan Jurnal by Mekari, mengingat tarifnya saat ini masih terbilang bersahabat. Jangan sia-siakan kesempatan dan segera raih beragam manfaatnya!

2. SAP Business One

SAP merupakan program perangkat lunak untuk perencanaan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Program SAP sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki klasifikasi bisnis yang kompleks untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik.

Program SAP tidak hanya berfokus pada keuangan saja, tetapi dapat menjangkau lebih dari itu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain keuangan, SAP juga dapat menghandle pembelian dan pengelolaan stok, penjualan dan pelayanan pelanggan, keuangan, produksi, dan SDM (HRD). SAP merupakan program yang paling fleksibel karena program ini dapat di lakukan custom sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan.

SAP sudah menyiapkan banyak fasilitas yang di buat untuk memudahkan pengguna dalam proses pencatatan serta pelaporan keuangan perusahaan. Karena hal tersebut aplikasi keuangan yang terintegrasi sangat di butuhkan oleh setiap perusahaan.

3. Bee Accounting

Bee accouting merupakan aplikasi keuangan multi platform yang menyediakan modul keuangan dan akuntansi yang bisa di gunakan oleh perusahaan Anda. Aplikas bee accounting merupakan aplikasi keuangan yang bisa di bilang memiliki kemudahan akses oleh penggunanya. Aplikasi bee accounting juga bisa menyelesaikan masalah keuangan dan pengelolaan bisnis Anda.

4. Zahir

Zahir merupakan aplikasi keuangan yang bisa di bilang cukup user friendly karena sangat mudah di gunakan bagi para penggunanya. Selain itu zahir adalah aplikasi keuangan yang fleksibel dan memiliki fitur yang lengkap untuk digunakan pada berbagai kalangan bisnis.

Aplikasi keuangan zahir dapat membantu perusahaan dalam pengelolaan penjualan, pembelian, persediaan, hingga sampai kepada laporan keuangan.

Itulah lima aplikasi keuangan yang dapat di gunakan oleh berbagai kalangan bisnis mulai dari perusahaan yang skala kecil hingga perusahaan yang skala besar yang memiliki kompleksitas yang tinggi.

Dalam memilih aplikasi atau aplikasi keuangan perusahaan harus melihat apa kebutuhan, urgensi, dan juga kemampuan perusahaan. Karena pada dasarnya semua aplikasi keuangan tersebut adalah aplikasi keuangan yang bagus.

Meskipun terkadang aplikasi keuangan A cocok di terapkan di perusahaan A tetapi belum tentu sesuai jika di terapkan di perusahaan yang lain. Karena semua kembali lagi pada kesesuaian perusahaan dan juga aplikasi yang di butuhkan. Agar tidak salah dalam membeli sebuah aplikasi keuangan, perusahaan harus melakukan survey dan juga trial untuk diterapkan di perusahaan Anda  terlebih dahulu sebelum menerapkan aplikasi secara permanen.

Selain itu perusahaan juga bisa menggunakan jasa konsultan keuangan ataupun system keuangan untuk membantu dalam mengaplikasikan program keuangan di perusahaan. Karena dengan hal tersebut perusahaan Anda dapat menerima masukan dari pihak ketiga yang sudah mahir di bidangnya apakah aplikasi keuangan yang akan di terapkan bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak. Namun semua Kembali lagi kepada perusahaan, karena perusahaan juga haru mengetahui kemampuan keuangan operasional perusahaan juga.

Anda boleh juga mengonsultasikannya ke kami untuk memilih program apa yang cocok untuk perusahaan Anda. Sayang apabila Anda sudah terlanjur membeli, namun tidak bisa di terapkan secara sesuai di perusahaan.